Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang Akan Sukses Saat Ini


WiraBisnis.Com - Pernah kah anda mendengar istilah usaha mikro, kecil dan menengah yang disingkat dengan UMKM? UMKM adalah jenis usaha yang lumayan menggeliat akhir-akhir ini karena adanya dukungan pemerintah pada usaha ini yang cukup besar. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki pengertian yang beragam.
Sesuai dengan Kepres RI No. 19 tahun 1998, UMK adalah “Kegiatan ekonomi kerakyatan yang berskala kecil, dengan bidang yang mayoritas dalam skala kecil sehingga perlu dilundungi agar mencegah dari persaingan yang tidak sehat. 
Menurut pengertian itu bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya UMKM adalah usaha kecil yang mana dimiliki perseorangan atau kelompok perorangan.
Meskipun usaha mikro kecil dan menengah ini termasuk dalam kelompok usaha kecil, jangan remehkan profit dan juga keuntungan dari usaha jenis ini. Selain berkontribusi menyumbang devisa negara, UMKM juga memberikan keuntungan tak tak sedikit untuk pendirinya. 
Pelaku usaha UMKM ini adalah pelaku bisnis yang paling banyak menguasai pasar. Berikut ini akan kami jabarkan apa saja UMKM yang sangat potensial untuk anda kembangkan di tahun 2019.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang Potensial

1. Usaha Kuliner

Siapa yang tidak kenal dengan usaha kuliner? Tanpa makanan, manusia tidak bisa melanjutkan hidupnya sehingga manusia harus makan. 

Nah, melihat gelagat kuliner sekarang bisnis kuliner saat ini sedang naik daun apalagi pada usaha mikro kecil dan menengah ini. 

Banyak usaha UMKM yang menyumbang devisa negara, misalnya keripik Maicih, lalu ada usaha Sang Pisang milik anak Presiden Jokowi, ada juga bisnis makanan salad buah yang sekarang sedang naik daun, ada lagi tahu walik, gethuk crispy, dan yang lainnya.

2. Usaha Mikro bidang Pendidikan
Usaha mikro kecil dan menengah berikutnya yang potensial dan bisa memberikan keuntungan besar adalah usaha di bidang Pendidikan. Sebagaimana yang diketahui bahwa Pendidikan saat ini menjadi prioritas kebanyakan orang, khususnya orang tua bagi anak-anaknya. Dengan cara apa biasanya mereka memberikan tambahan dukungan bagi anak-anaknya?

Ya, benar. Dengan memberikan les tambahan, baik itu les privat atau les bimbingan belajar di kelas besar. Nah, anda bisa membuka usaha mikro dengan membuka jasa les privat atau bimbingan belajar. Anda bisa memulainya dari rumah jika anda tidak memiliki tempat atau belum memiliki modal untuk menyewa tempat.

Beberapa contoh UMKM yang akhirnya bisa sukses adalah Neutron, Primagama, Ganesha Operation, ILP (Indonesian Language Program) dan yang lainnya. Jadi, anda pasti bisa juga menyusul UMKM di bidang Pendidikan tersebut.

3. Usaha Mikro di bidang Fashion

Berikutnya adalah usaha mikro kecil dan menengah di bidang fashion. Pastinya setiap orang ingin tampil fashionable. Dan tidak sedikit dari mereka yang mau merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk membeli fashion seperti tas, baju, celana, jilbab dan yang lainnya. 

Salah satu UMKM yang sukses adalah Rabbani, UMKM yang menjual pakaian muslim yang terkemuka. Tidak heran jika dulu harganya murah sekarang harganya sudah mahal karena brandnya sudah terkenal. Contoh UMKM lainnya adalah Amazara, produsen sepatu-sepatu wanita lokal yang sekarang sudah terkenal.

Jika UMKM-UMKM di atas bisa mendulang kesuksesan, maka anda juga bisa menciptakan usaha mikro kecil dan menengah anda sendiri dan bisa mendulang kesuksesan juga, bukan? Tunggu apa lagi? Jemput lah kesuksesan anda mulai dari usaha kecil anda yang akan jadi besar.

Posting Komentar untuk "Contoh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang Akan Sukses Saat Ini"