Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Blog? Ini Penjelasan untuk Pemula..


WiraBisnis.Com - Di era millennial ini, pasti anda sudah tahu apa itu blog. Kalau anda belum begitu paham tentang blog, apa pengertiannya, anda datang ke tempat yang tepat. 
Secara sederhana, Blog sebetulnya sama dengan Website, tapi ternyata tidak sama. Blog pada awalnya digunakan untuk membuat diary yang dapat dibagikan secara online. 
Ya, begitu lah awal mulanya. Kalau anda masih ingat, tahun 90an atau awal tahun 2000an banyak anak-anak yang memiliki buku harian. Nah, seperti itu lah kurang lebih. Hanya bedanya, buku harian ini bisa diakses secara online.

Perbedaan Mendasar Web dan Blog

Nah, sekarang kita coba membedakan antara blog dan website.
a) Blog merupakan platform khusus yang memudahkan kita untuk bisa tetap menambahkan jurnal atau pun artikel secara berkala berdasarkan waktu dan juga orang lain dapat memberikan komentar pada tiap jurnal atau artikelnya.

b) Sementara website adalah sebuah platform online yang dibuat khusus dengan berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhannya. Mislanya saja Google.co.id untuk mesin pencarian, misalnya Tokopedia.com untuk marketplace jual beli online, atau misalnya ratakan.com untuk jual beli produk digital.
Setelah tahu apa itu blog dan apa bedanya website dan blog, sekarang kita akan membicarakan Blog, Blogger, dan Blogging.

Definisi Blog

Blog merupakan sebuah singkatan dai website log yang mana adalah jurnal, artikel, atau pun informasi online yang dibuat secara berurutan berdasarkan tanggal penerbitan dengan konten terbaru yang berada di urutan teratas.
Kalau blog adalah jurnal atau pun artikel yang ada di internet, blogger adalah seseorang yang menulis jurnal atau artikel yang ada di blog. Kemudian blogging adalah kegiatan menulis jurnal atau artikel di dalam blog yang dikenal juga dengan sebutan gaul “ngeblog.”

Struktur Sebuah Blog

Nah, setelah anda memahami apa itu blog, blogger, dan blogging, maka sekarang anda harus tahu struktur sebuah blog.
Desain tampilan sebuah blog pasalnya selalu berubah tiap waktu dan sekarang ini makin atraktif saja. Tapi blog pasalnya tetap mempunyai sebuah struktur standar dan juga masih digunakan sampai sekarang.
Struktur itu adalah:
  1. Header dengan menu navigasinya
  2. Konten utama yang isinya ringkasan daftar artikel paling baru atau isi artikelnya.
  3. Sidebar yang isinya daftar artikel terbaru, kotak pencarian, daftar kategori dan juga daftar komentar, dan lainnya.
  4. Footer yang isinya teks copyright, link kontak, link kebijakan privacy, dan yang lainnya.

Nah, anda sudah tahu, bukan, sekarang apa itu blog, apa perbedaannya dengan website, sampai dengan struktur blog, ada baiknya anda tahu apa saja jenis Blog itu.
Jadi, jenis blog ada 2 jenis:
1. Hosted

Blog yang dihosting pembuatnya. Istilahnya adalah cloud blog di mana anda tak perlu menyiapkan server hosting untuk bisa memulai aktifitas blogging anda.

Misalnya Over-blog com, weebly com, hubpages com, ghost io, tumblr com, medium com, blogger com dan WordPress com.

2. Self-Hosted

Nah jenis kedua ini adalah Self-Hosted di mana ini adalah blog yang dihosting sendiri, di server hosting milik anda sendiri. Anda memerlukan juga nama domain supaya blog anda bisa diakses. Misalnya: WordPress org, Drupal org, dan Joomla org.

Demikian lah pengertian apa itu blog, apa perbedaannya dengan website, apa saja struktur blog yang bagus dan juga jenis-jenis blog itu. Semoga bermanfaat bagi anda dan bisa membuat anda makin semangat memulai ngeblog ya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Blog? Ini Penjelasan untuk Pemula.."