Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bisnis-Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal


WiraBisnis.Com - Terkadang mahasiswa ingin uang tambahan untuk uang jajan mereka tanpa harus merepotkan orang tuanya. Untuk itu, mereka kemudian berinisiatif bekerja paruh waktu di toko atau di mana saja. 
Namun yang jadi permasalahan adalah jika mereka bekerja untuk orang, terkadang waktunya tersita untuk bekerja karena kurang fleksibel. Nah, mengapa mereka tidak mencoba bisnis untuk mahasiswa saja? 
Dengan berbisnis kecil-kecilan, mereka bisa mengatur waktunya tanpa harus berurusan dengan orang lain seperti misalnya bos mereka.

Contoh Bisnis-Bisnis Untuk Mahasiswa

Sekarang sudah banyak pilihan bisnis untuk para mahasiswa, misalnya saja bisnis pulsa, bisnis online shop, les privat, jual makanan kecil dan yang lainnya.


1. Bisnis pulsa elektrik

Bisnis yang pertama bisa mereka lakukan adalah bisnis pulsa elektrik. Jika anda mahasiswa yang sedang mencari peluang bisnis yang cepat, anda bisa coba berjualan pulsa elektrik. 

Memang di hampir semua e-commerce sudah menyediakan pulsa elektrik namun biasanya jumlahnya lebih dari Rp. 20.000. atau bahkan Rp. 50.000. nah, dengan hadirnya anda, mereka bisa membeli pulsa minimal Rp. 5.000 saja. Atau peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini bisa dimodifikasi dengan berjualan paket data (voucher) sehingga anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis.


2. Les privat

Sekarang anda bisa juga membuka les privat melalui aplikasi chat, tidak perlu datang ke rumah namun bisa lewat chatting lewat aplikasi Line, WhatsApp atau lainnya. Jika siswa anda ingin bertatap muka, anda bisa melakukan video call dengan berbagai macam aplikasi.

Namun usahakan koneksi internet anda bagus dan lancar sehingga tidak menganggu kegiatan belajar mengajar. Tetapi, kalau anda dan siswa sepakat untuk bertemu, anda dan dia bisa bertemu di rumah siswa, rumah anda, atau bahkan di kafe.


3. Jual makanan kecil

Apakah anda mahasiswa yang ingin ikut berkontribusi membantu pedagang-pedagang UMKM? Jika iya, mengapa anda tidak mencoba bisnis untuk mahasiswa yang satu ini? Menjajakan makanan kecil ke teman-teman kampus anda. Anda bisa membuka kantin kecil di sudut ruangan kampus. 

Tentu saja setelah mendapatkan persetujuan dari pihak kampus. Kemudian, anda letakkan makanan-makanan kecil di sana. Tidak perlu anda tunggu, cukup sediakan saja kotak untuk tiap jenis makanannya. Itung-itung untuk menguji seberapa jujurnya mereka ketika membeli makanan tanpa kehadiran penjualnya.


4. Afiliasi

Pernah mendengar bisnis afiliasi? Kalau belum, apakah anda pernah dengar istilah endorse? kalau pernah, nah bisnis afiliasi ini adalah bisnis di mana anda mempromosikan produk dagangan orang lain. Sekarang ini, selebgram-selebgram yang menerima endorse itu mempromosikan dagangan orang lain, baik itu makanan, fashion, bahkan jasa. 

Untuk anda yang suka berpose di depan kamera, anda bisa menawarkan diri anda sebagai brand ambassador mereka dan mempromosikan produk mereka di akun sosial media anda. Fee bisnis untuk mahasiswa yang satu ini cukup lumayan, apalagi jika followers di akun anda sudah cukup banyak.


5. Jasa titip

Terakhir, anda bisa menjalankan bisnis jasa titip. Sekalian jalan-jalan ke kota atau negara lain, sekalian mendapatkan penghasilan, itu lah motivasi jastip era millennial ini. Namun modalnya cukup banyak karena anda harus merogoh kocek untuk membeli tiket ke kota atau negara itu. Jadi, bisnis ini sebagai sampingan saja.

Mahasiswa juga bisa mandiri dengan menjalankan bisnis untuk mahasiswa yang bisa dilakukan dengan atau bahkan tanpa modal.

Posting Komentar untuk "Contoh Bisnis-Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal"